Silabus Matematika

Silabus

Nama  Sekolah                    :   SMP
Mata Pelajaran                     :   Matematika
Kelas / Semester                 :   VII  (Tujuh) /  Gasal
Standar Kompetensi          :   Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1   Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan

Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah

Melakukan  diskusi tentang jenis-jenis bilangan bulat (pengulangan)
Menyebutkan bilangan bulat
Mengidentifikasikan besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan bulat

·  Memberikan contoh bilangan bulat
·  Menyatakan besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan negatif



Tes tulis
Tes uraian
Tulislah 5 bilangan bulat yang lebih dari -3 dan kurang dari 10

1x40 menit
Buku teks
Garis bilangan
Termometer
Tangga rumah


Membuat garis bilangan dan menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
·  Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
Tes tulis
Tes uraian

 


Letakkanlah bilangan -1, 0, dan 3 pada garis bilangan tersebut

1x40 menit
Buku Teks
Model garis Bilangan


Mendiskusikan cara melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi pada bilangan bulat termasuk operasi campuran

Mendiskusikan cara menentukan sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan bulat negatif dengan negatif dan positif dengan negatif
·         Melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi bilangan bulat termasuk operasi campuran.

Tes tulis
Tes isian
Tes uraian
A. Hitunglah
1. 62-125 = ...
2. (9+12)x6=...
3. (-36):4=...
5. 8x(-12)=...

B. Sebuah kotak memuat 25 buah jeruk. Kalau ada 140 buah jeruk, berapa banyak kotak yang harus disediakan?
2x40 menit
Buku Teks
Model garis Bilangan


Mendiskusikan untuk menentukan kuadrat dan pangkat tiga, serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga

·         Menghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat.

Tes tulis
Tes uraian
Berapakah

 a.

  b.  43  
2x40 menit
Buku Teks


Mendiskusikan jenis-jenis bilangan pecahan
Menyebutkan bilangan pecahan
Membuat garis bilangan dan menentukan letak bilangan pecahan pada garis bilangan

·         Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan :biasa, campuran desimal, persen dan permil.

Tes tulis
Tes isian
1. Dua buah roti bolu dibagikan kepada 4 anak secara merata. Masing-masing anak memperoleh ...... bagian
2. Setengah bagian hasil panen diberikan kepada Surya. Bagian surya kalau dinyatakan dalam persen adalah ...%
2x40 menit
Kue bulat
Model lingkaran







Mendiskusikan bilangan pecahan senilai
Mendiskusikan cara mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain
·         Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.

Tes tulis
Tes isian
1. Ubahlah dalam bentuk desimal
    1  = ..

2. Ubahlah dalam bentuk persen
     = ... %
2x40 menit
Buku Teks


Melakukan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan

Menuliskan bentuk baku (misal amuba yang panjangnya 0,000001 mikron)

Mendiskusikan cara membulatkan bilangan pecahan sampai satu atau dua desimal

·         Menyelesaikan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan.

Tes tulis
Tes uraian
Hitunglah:

1.  1 ½  x  2/3 = ...

2.  ¾  :  ½  = ...

3. 2,5  +  3,75 = ..

4. 21,2  -  9,85 = ..
2x40 menit
Buku Teks
1.2   Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemeca han masalah.

Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah

Melakukan diskusi tentang sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi pada bilangan bulat(pengulangan)

·         Menemukan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pada bilangan bulat.

Tes tulis
Tes isian
Isilah titik-titik berikut ini
1.  a. 9 + 6 =  ....
 b. 6 + 9 = ....
   Jadi 9 + 6 = .....+ .....

2.  a. 3 x (5 x 4) = ....
    b. (3 x 5) x 4 = ...
   Jadi 3 x (5 x 4) = (...x...) x ...
Apa yang dapat kamu simpulkan ?
1x40 menit
Buku teks,
Lingkungan


Menyelasaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan bulat dengan menggunakan sifat-sifat penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian


·         Menggunakan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali,  bagi, akar dan pangkat  pada opearsi campuan bilangan bulat

Tes tulis
Tes uraian
Hasil dari :
2x40 menit
Buku Teks


Melakukan diskusi cara menggunakan hitung tambah, kurang kali atau bagi dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan bilangan Bulat
·         Mengunakan sifat-sifat operasi bilangan Bulat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehar-hari
Tes tulis
Tes uraian
Pada hari Sabtu Candra memberi kelereng pada Aan sebanyak 25 butir dan kepada Yudha 17 butir. Hari Minggu Candra memberi kelereng kepada Novan sebanyak 13 butir. Berapakah banyak semua kelereng yang diberikan Candra kepada Aan, Yudha, dan Novan?
2x40 menit
Buku Teks


Melakukan diskusi  cara menggunakan operasi hitung tambah, kurang,  kali atau bagi dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pecahan



·         Menggunakan sifat-sifat operasi hitung tambah, kurang, kali, atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya dalam kejadian sehari-hari.

Tes tulis
Tes uraian
Dalam sebuah karung beras ada 25 kg beras yang akan dibagikan kepada 10 orang. Berapa kg beras bagian dari masing-masing orang tersebut?
3x40 menit
Buku Teks
















Standar Kompetensi    :   ALJABAR
                                           2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur unsurnya

Bentuk aljabar

Mendiskusikan pengertian
bentuk aljabar

Mendiskusikan tentang
variabel, konstanta, koefisien,faktor, suku dan suku
sejenis

·       Menjelaskan pengertian, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis.

Tes lisan
Daftar pertanyaan
Dari bentuk aljabar  2x + 3, manakah yang merupakan variabel dan manakah yang merupakan konstantan?
6x40 menit
Buku Teks, lingkungan
2. 2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar

Bentuk aljabar
Melakukan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar


· Melakukan operasi hitung, tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar.



Tes tulis
Tes uraian
 Hitunglah:
1. 2x+3+ 5x-6
2. (4x -1)(-2x+5)
3. (3x – 4)2
4x40 menit
Buku teks, lingkungan


Menggunakan sifat operasi
hitung  untuk menyelesaikan
soal yang dinyatakan dalam
bentuk aljabar.

Melakukan operasi  hitung
pada pecahan biasa untuk
menyelesaikan pecahan aljabar
dengan penyebut satu suku

· Menerapkan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal

Tes tulis
Tes uraian
. Perusahaan “Langsung Sadar” memberi bantuan korban gempa sebanyak 20 dus mie, 40 liter minyak goreng. Satu dos mie berisi 144 bungkus dengan harga Rp 900,00 per bungkus, dan harga minyak goreng Rp 4.500,00 per liter. Berapa rupiah jumlah bantuan di atas?

2x40 menit
Buku Teks
2.3.Menyelesaikan pesamaan linear satu variabel.
Persamaan linear satu variabel
Mendiskusikan PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel

·  Mengenali PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
Tes lisan
Daftar pertanyaan
Manakah yang merupakah PLSV?
  1. 2x = 5
  2. 5y
  3. 9g – 4 = 10
  4. 6 – 5m = 2
1x40 menit
Buku teks


Mendiskusikan cara menentukan bentuk setara dari PLSV  dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan  bilangan yang sama

·  Menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah,dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama

Tes tulis
Tes pilihan ganda
Manakah yang setara dengan
-5x + 2 = 4?
a. 5x – 2 = -4
b. 10x + 4 = 8
c. -10x – 4 = 8
d. 10x – 4 = -8
2x40 menit
Buku Teks


Menyelesaikan PLSV untuk mencari penyelesaiannya

·         Menentukan penyelesaian PLSV

Tes tulis
Tes isian
Penyelesaian dari
5y – 12 = 8 adalah ....
3x40 menit
Buku Teks
2.3   Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel.

Pertidaksama an linear satu variabel
Mendiskusikan pertidaksamaan linear satu variabel dalam berbagai bentuk dan variabel

·         Mengenali PtLSV dalam berbagai bentuk dan variabel

Tes lisan
Daftar Pertanyaan
Manakah yang merupakan PtLSV?
a  3a + 5 > 2
b.-4h + 4 ≤ 5
  1. 8x -7 = 10
  2. 5y ≥ 10
       e.   –p = -5
1x40 menit
Buku teks,
Lingkungan


Mendiskusikan cara menentukan bentuk setara dari PtLSV  dengan cara kedua ruas ditambah , dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama
·         Menentukan bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama.

Tes tulis
Tes pilihan ganda
Bentuk yang setara dengan 6x – 8 ≥ 10 adalah
  1. 5x – 7 ≥ 9
  2. 6x + 8 ≥ 10
  3. 3x – 4 ≥ 5
  4. -3x + 4 ≥ -5

2x40 menit
Buku Teks


Menyelesaikan PtLSV untuk mencari akar persamaan

·         Menentukan penyelesaian PtLSV
Tes tulis
Tes isian
Penyelesaian dari 3
m – 2 ≤ 10 adalah ......
3x40 menit
Buku Teks


Standar Kompetensi   :   ALJABAR
                                         3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1 Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
Mendiskusikan model
matematika

Mengubah masalah ke dalam
model matematika berbentuk
persamaan linear satu variabel


·         Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel

Tes tulis
Tes uraian
Nyatakanlah ke dalam model matematika.
Dian membeli 3 kg gula pasir. Dia membayar dengan selembar uang dua puluh ribuan dan menerima uang kembalian sebesar Rp3.500,00
3x40 menit
Buku teks, lingkungan


Membuat model matematika suatu masalah sehari-hari dalam bentuk pertidaksamaan linear satu variabel

·         Mengubah masalah kedalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel
Tes tulis
Tes uraian
Nyatakanlah ke dalam model matematika.
Umur Ita 5 tahun mendatang lebih dari 20 tahun.
3x40 menit
Buku Teks
3.2 Menyelesai kan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel

Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel

·         Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel


Tes tulis
Tes pilihan ganda
Surya membeli 2 buku. Uang Surya sepuluh ribuan, dan dia mendapat uang kembali sebesar Rp4.000,00. Harga 1 buku adalah
  1. Rp2.000,00
  2. Rp3.000,00
  3. Rp4.000,00
  4. Rp6.000,00
3x40 menit
Buku teks, lingkungan


Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel

·         Menyelesaikan  model matematika suatu masalah  yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel

Tes tulis
Tes pilihan ganda
Umur Candra 3 tahun yang lalu kurang dari 25 tahun.
Umur Candra sekarang:
  1. kurang dari 28 tahun
  2. 28 tahun
  3. 25 tahun
  4. 22 tahun
3x40 menit
Buku Teks
3.3 Mengunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana




Perbandingan dan aritmetika sosial
Melakukan simulasi kegiatan ekonomi sehari-hari(jual beli)

Mendiskusikan penertian dan menghitung nilai keseluruhan,nilai per-unit,dan nilai sebagian

·         Menghitung nilai keseluruhan, nilai per-unit, dan nilai sebagian.

Tes tulis
Tes uraian
Harga 1 losin pensil adalah Rp18.000,00.
  1. Berapakah harga 1 buah pensil?
  2. Berapakah harga 5 buah pensil?


3x40 menit
Buku teks, uang, barang-barang yang biasa diperjualbelikan


Mendiskusikan dan menghitung besar laba, persentase laba,rugi, harga jual, harga beli,rabat, dan bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi

·         Menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi.

Tes tulis
Tes pilihan ganda
Seorang pedagang, Pak Rifki menjual sebuah televisi seharga Rp1.650.000,00. Dari penjualan itu pak Rifki mengambil untung sebesar 10%.
Harga beli televisi itu adalah:
  1. Rp1.815.000,00
  2. Rp1.600.000,00
  3. Rp1.500.000,00
  4. Rp1.485.000,00
5x40 menit
Buku Teks, Perbankan
3.4 Mengguna kan perbandingan untuk pemecahan masalah
Perbandingan
Mendiskusikan pengertian skala sebagai suatu perbandingan

Menyebutkan contoh-contoh gambar berskala


·         Menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan.

Tes tulis
Tes uraian
Pada suatu peta tertulis:
 skala 1 : 100.000.
Apakah arti skala 1 : 100.000 tersebut?
1x40 menit
Buku teks, peta, foto


Mengidentifikasi faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala

Melakukan penghitungan faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala
·         Menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala.

Tes tulis
Tes uraian
Suatu jalan yang panjangnya 5 km digambar sepanjang 5 cm. Berapakah faktor pengecilannya?
2x40 menit
Buku Teks, Peta,
Foto



Mendiskusikan perbandingan seharga(senilai) dan  berbalik harga(nilai)

Menyebutkan contoh-contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai)
·         Memberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai)

Tes tulis
Tes pilihan ganda
Kalau sebuah pensil harganya Rp2.000,00, maka 5 buah pensil harganya Rp10.000,00.
Pernyataan tersebut merupakan:
  1. perbandingan senilai
  2. perbandingan berbalik nilai
1x40 menit
Buku teks, Peta, ligkungan


Menggunakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai) untuk menyelesaikan soal/ masalah sehari-hari


·         Menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai)

Tes tulis
Tes isian
Pembangunan sebuah gedung memakan waktu 6 bulan jika dikerjakan oleh 100 orang. Kalau dikerjakan oleh 50 orang, maka waktu yang diperlukan untuk membangun gedung tersebut adalah ....
2x40 menit
Buku Teks

Purwokerto, 12  Juli  2010 

                             Mengetahui
 Kepala SMP Negeri 4 Purwokerto                                                                                                               Guru Mata Pelajaran




 Joko Purnomo, MM.Pd                                                                                                                       Irma Pujiati, S.Pd.,M.Pd                              
        NIP. 195611081977031003                                                                                                              NIP. 19721203 199802 2 003




S I L A B U S
Nama  Sekolah                    :   SMP
Mata Pelajaran                     :   Matematika
Kelas / Semester                 :   VII  (Tujuh) /  Genap
Standar Kompetensi          :    4.    Menggunakan konsep himpunan dan diagram venn dalam pemecahan masalah.

ALJABAR
                                                                                                 
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
4.1 Memahami pengertian notasi himpunan, serta penyajiannya.
Himpunan
Mendiskusikan masalah sehari-hari yang merupakan himpunan.
Menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya.
Tes Tulis
Tes uraian
Di dalam kelasmu ini sebutkan kumpulan obyek yang merupakan himpunan.
1 x 40 mnt
Buku teks, lingkung-an.


Menyebutkan anggota dan bukan anggota suatu himpunan.
Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan.


Menggunakan lambang anggota atau bukan anggota untuk menentukan keanggotaan himpunan
Tes lisan



Tes Tulis
Daftar pertanya-an



Isian
Di kelasmu, ada himpunan siswa yang pergi sekolah menggunakan sepeda. Sebutkan anggota-anggotanya dan sebutkan pula yang bukan anggota-anggotanya.
Diketahui J={1,3,5,7,…,21}
Isilah titik-titik dengan lambang anggota atau bukan anggota himpunan
a. 3…..J        c. 15……J
b. 4…..J        d. 27……J
2 x 40 mnt



Menyatakan notasi himpunan.
Menyatakan notasi himpunan
Tes tulis
Tes uraian
Nyatakan dengan notasi himpunan : himpunan bilangan prima antara 10 dan  20.
2 x 40 mnt




KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen


Membedakan himpunan kosong, nol dan notasinya.
Mengenal himpunan kosong dan notasinya.

Tes lisan
Pilihan ganda
Manakah yang merupakan himpunan kosong ?
a.0
b. {0}
c. Ø
d. {Ø}.
1 x 40 mnt

4.2 memahami konsep himpunan bagian.
Himpunan
Mendiskusikan pengertian himpunan bagian.
Mengidentifikasikan himpunan bagian suatu himpunan.
Menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan.
Tes tulis
Tes pilihan ganda
Manakah yang bukan merupakan himpunan bagian dari {2,3,5,7,11,13,17} }.
a.       { 2,3,7}
b.       { 3,5,7,9}
c.       { 11,17}
d.       {2,3,5,7,11,13,17}
1 x 40 mnt
Buku teks, lingkungan


Menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan.

Menentukan rumus banyak anggota himpunan bagian.
Menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan.
Tes tulis
Tes uraian
Tulis semua anggota himpunan bagian dari { huruf vokal pembentuk kata ‘kaliurang’}.




Mendiskusikan pengertian himpunan semesta.

Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan semesta.
Mengenal pengertian himpunan semesta, serta dapat menyebutkan anggotanya.
Tes tulis
Tes uraian
Kalau obyek yang dibicarakan adalah bilangan cacah, maka himpunan semestanya adalah….
1 x 40 mnt










KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
4.3 Melakukan operasi irisan, gabungan, kurang/difference, dan komplemen pada himpunan.
Himpunan
Mendiskusikan pengertian irisan dan gabungan, dua himpunan.



Menuliskan irisan, gabungan, kurang, dari dua himpunan.
Menuliskan notasi gabungan dua himpunan.

Menyatakan notasis irisan dua himpunan.
Menjelaskan pengertian irisan dan gabungan dua himpunan.

Menentukan irisan dan gabungan dari 2 himpunan
Tes tulis
Tes isian
Jika A = himpunan bilangan prima kurang dari 10 dan B = himpunan bilangan bulat antara 5 dan 15, maka :
  1. A ∩ B  = …..
  2. A U  B = …...
4 x 40 mnt  
Buku teks, lingkungan


Mendiskusikan pengertian “kurang dari” suatu himpunan.
Menuliskan kurang suatu himpunan  lainnya.
Menuliskan notasi kurang suatu himpunan dari himpunan lainnya.
Menjelaskan pengertian “kurang” suatu himpunan dari himpunan lainnya.
Tes tulis
Te uraian
A = himpunan bil. Bulat antara – 5 dan 5, B = himpunan bil. Ganjil kurang dari 15, maka =   a. A – B = …..
b. B – A = ….
2 x 40 mnt



Mendiskusikan komplemen suatu himpunan

Menuliskan komplemen suatu himpunan

Menuliskan notasi komplemen himpunan

Menjelaskan komplemen dari suatu himpunan
Tes Tulis
Tes Uraian
Tulislah komplemen dari H= {2, 4, 6, 8, 10} jika himpunan semestanya adalah S = himpunan bilangan bulat lebih dari atau sama dengan 0 dan kurang dari atau sama dengan 10. Tentukan komplemen dari H
2 x 40 mnt



















KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
4.4 Menyajikan himpunan dengan diagram venn.
Himpunan
Mendiskusikan cara-cara menyajikan himpunan termasuk menggunakan diagram.

Menggambarkan diagram venn untuk berbagai himpunan.

Menggunakan diagram venn untuk menyajikan irisan atau gabungan dua himpunan.
mengenal diagram venn dan penyajiannya
Tes tulis
Tes uraian
Gambarlah pada suatu diagram venn himpunan-himpunan berikut ini.
P = { k, l, m, n, o, p, q, r, s, t}
Q = {h, I, j, k, l, m}
a. Manakah yang merupakan P∩Q?
b. Manakah yang merupakan PQ?
2 x 40 mnt
Buku teks, lingkungan


Menggunakan diagram venn untuk menyajikan kurang/difference suatu himpunan dari himpunan.
Menyajikan kurang/difference suatu himpunan dari himpunan  lainnya dengan diagram venn.

Tes tulis
Tes uraian
Gambarlah pada suatu diagram venn himpunan-himpunan berikut ini.
P = { k, l, m, n, o, p, q, r, s, t}
Q = {h, I, j, k, l, m}
a. Manakah yang merupakan        P - Q?
2 x 40 mnt



Menggunakan diagram venn untuk menyajikan komplemen suatu himpunan.
Menyajikan komplemen suatu himpunan dengan diagram venn.



Tes tulis
Tes uraian
Gambarlah pada suatu diagram venn jika himpunan semesta S = himpunan semua bilangan bula, dan A = himpunan bilangan bulat antara 0 dan 10.
manakah yang merupakan komplemen A atau Ac ?.
2 x 40 mnt

4.5 Mengguna-kan konsep himpunan dalam pemecahan masalah.
Himpunan
Menggunakan diagram venn untuk menyelesaikan masalah sehari-hari.
Menyelesaikan masalah dengan menggunakan diagram venn dan konsep himpunan.
Tes tulis
Tes uraian
Di dalam suatu kelas ada 30 anak, 20 anak diantaranya senang matematika, 15 anak senang bahasa, sedang 10 anak tidak senang matematika juga tidak senang bahasa. Berapakah anak yang senang matematika dan senang bahasa?
8 x 40 mnt
Buku teks, lingkungan.











STANDAR KONPETENSI        :   GEOMETRI
                                                    5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya.

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
5.1 Menentu-kan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut.
Garis dan Sudut
Mendiskusikan kedudukan dua garis pada masalah kontekstual.
Menjelaskan kedudukan dua garis (sejajar, berimpit, berpotongan, bersilangan) melalui benda kongkrit.
Tes lisan
Daftar pertanyaan
Dari masalah kontekstual ini manakah yang merupakan contoh garis sejajar ?
a.       Tapak 2 ban delman di pasir.
b.       Jalan layang.
c.       Dua jalan yang bertemu dipersimpangan.
d.       Rel kereta api
2 x 40 mnt
Buku teks, lingkungan.


Mendiskusikan satuan sudut yang sering digunakan.
Mengenal satuan sudut yang sering digunakan.
Tes lisan.
Daftar pertanyaan
Untuk mengukur besar sudut, apakah satuan yang digunakan?.
1 x 40 mnt.



Melakukan pengukuran dengan menggunakan busur derajat.
Mengukur besar sudut dengan busur derajat.
Tes tulis
Unjuk kerja
Ukurlah dengan busur derajat sudut-sudut berikut :
a.                               b.


 



1 x 40 mnt



Mendiskusikan jenis-jenis sudut
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kedudukan garis dan besar sudut.
Menjelaskan perbedaan jenis sudut ( siku, lancip, tumpul ).
Tes lisan
Daftar pertanyaan
Jenis sudut apakah gambar sudut berikut ini ?
a.                          b.


2 x 40 mnt









KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
5.2 Memahami sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain.
Garis dan sudut
Mengidentifikasikan keududukan sudut-sudut yang terjadi jika dua garis dipotong garis lain.

Mendiskusikan kedudukan dua garis sejajar yang dipotong garis lain untuk menemukan sifat-sifat sudut yang terjadi.
Menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis ketiga/garis lain.
Tes tulis
Tes uraian



 






Dari gambar di atas, sudut-sudut manakah yang sama besar ?
3 x 40 mnt
Buku teks, model dan kawat.


Menyelesaikan soal dengan menggunakan sifat-sifat sudut yang terjadi jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain.
Menggunakan sifat-sifat sudut dan garis untuk menyelesai-kan soal.
Tes tulis
Tes uraian
Berapakah besar sudut CAB?


3 x 40 mnt

5.3 Melukis sudut
Garis dan sudut
Melukiskan sudut dengan menggunakan penggaris dan busur derajat.

Memindahkan sudut dengan menggunakan penggaris dan jangka.
Melukis sudut yang besarnya sama dengan sudut yang diketahui dengan menggunakan busur dan jangka.
Tes tulis
Unjuk kerja
Lukis sudut yang besarnya sama dengan sudut yang ada pada gambar.
2 x 40 mnt
Buku teks, penggaris, jangka.


Menggunakan jangka dan penggaris untuk melukis sudut 600 dan 900.

Melukis sudut siku-siku dengan menggunakan sepasang penggaris berbentuk segitiga siku-siku.
Melukis sudut 600 dan 900.
Tes tulis
Unjuk kerja
Dengan menggunakan penggaris dan jangka lukislah sudut yang besarnya 600.




KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
5.4 Membagi sudut.
Garis dan sudut
Menggunakan penggaris dan jangka untuk membagi sudut menadi dua sama besar.
Membagi sudut menadi dua sama besar.
Tes tulis
Unjuk Kerja
Dengan penggaris dan jangka, bagilah sudut pada gambar menjadi dua bagian sama besar !
2 x 40 mnt
Buku teks, penggaris, jangka.


Menggunakan penggaris dan jangka untuk melukis sudut 300, 450, 1200 dan 1500.
Melukis sudut 300, 450, 1200 dan 1500.
Tes tulis
Unjuk kerja
Dengan penggaris dan jangka lukislah sudut yang besarnya 1500.



STANDAR KOMPETENSI   : GEOMETRI
                                                  6.  Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya.

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
6.1 Mengiden-tifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya.
Segiempat dan segitiga
Mendiskusikan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya dengan menggunakan model segitiga.
Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya.
Tes tulis
Tes isian
Dari segitiga ABC diketahui sisi AB = BC, segitiga ABC merupakan segitiga….
2 x 40 mnt
Buku teks, model-model segitiga.


Mendiskusikan jenis -jenis segitiga berdasarkan sudut-sudutnya dengan menggunakan model segitiga
Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya.
Tes tulis
Tes isian
Pada segitiga PQR diketahui sudut P = 600, dan sudut Q = 800. segitiga PQR merupakan segitiga…..
2 x 40 mnt.

6.2 Mengiden-tifikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapezium, jajargenjang, belah ketupat, dan layinglayang
Segiempat dan segitiga
Menggunakan lingkungan untuk mendiskusikan pengertian jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapezium dan layang-layang menurut sifat-sifatnya.
Menjelaskan pengertian jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapezium dan layang-layang menurut sifat-sifatnya.
Tes lisan
Daftar pertanyaan
Lihatlah di seluruh ruang kelasmu ! benda-benda manakah yang berbentuk persegi panjang ?.
4 x 40 mnt.
Buku teks, model bangunm datar dari kawat dan dari karton, benda di sekitar siswa.


Mendiskusikan sifat-sifat segi empat ditinjau dari diagonal sisi, sisi, dansudutnya.
Menjelaskan sifat-sifat segi empat ditinjau dari sisis, sudut, dan diagonalnya.
Tes lisan
Daftar pertanyaan
Apakah panjang semua sisi jajargenjang sama panjang ?
Apakah kedua diagonal persegi saling tegak lurus?
10 x 40 mnt

6.3 Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
Segiempat dan segitiga
Menemukan rumus keliling bangun segitiga dan segi empat dengan cara mengukur panjang sisinya.
Menurunkan rumus keliling bangun segitiga dan segi empat.
Tes tulis
Tes isian
                       P
 

               14            12

             Q         13       R
Keliling segitiga PQR sama dengan ….
2 x 40 mnt
Buku teks, model bangun datar dari kawat atau dari karton.


Menemukan luas persegi dan persegi panjang menggunakan petak satuan.

Menemukan luas segitiga dengan menggunakan luas persegi panjang.

Menemukan luas jajargenjang, trapezium, laying-layang dan belah ketupat dengan menggunakan luas segitiga dan laus persegi atau persegi panjang.
Menurunkan rumus luas bangun segitiga dan segi empat.
Tes tulis
Tes uraian
             A                        B

    24 cm

             D       30 cm        C         
Luas persegipanjang ABCD adalah …..
8 x 40 mnt






KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen


Menggunakan rumus keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat untuk menyelesaikan masalah.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat.
Tes tulis
Tes uraian
Pak Surya mempunyai kebun berbentuk persegipanjang dengan panjang 1 km dan lebar 0,75 km. Kebun tersebut akan ditanami pohon kelapa yang berjarak 10 m satu dengan yang lain. berapa banyak bibit pohom kelapa yang diperlukan pak Surya?
4 x 40 mnt

64 Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu.
Segitiga
Menggunakan penggaris, jangka dan busur untuk melukis segitiga jika diketahui :
-          ketiga sisinya
-          dua sisi dan satu sudut apitnya.
-          Satu sisi dan dua sudut.
Melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dua sudut.
Tes tulis
 Unjuk Kerja
Lukislah sebuah segitiga jika diketahui panjang sisi-sisinya 2 cm, 3 cm, dan 1,5 cm.
1 x 40 mnt
Buku teks, penggaris, jangka.


Melukis segitiga samasisi dan segitiga sama kaki dengan menggunakan penggaris, jangka dan busur derajat.
Melukis segitiga samasisi dan segitiga samakaki.
Tes tulis
Unjuk Kerja
Lukislah sebuah segitiga siku-siku ABC dengan AC = BC = 3 cm.
1 x 40 mnt



Menggunakan penggaris dan jangka untuk melukis garis sumbu, garis bagi, garis berat, dan garis tinggi pada suatu segitiga.
Melukis garis tinggi, garis berat, garis bagi, dan garis sumbu.
Tes tulis
Unjuk Kerja



Lukislah ketiga garis dari masing-masing segitiga tersebut. Apakah yang kalian dapatkan ?

2 x 40 mnt.









Purwokerto, 12  Juli  2010 


                             Mengetahui
 Kepala SMP Negeri 4 Purwokerto                                                                                                               Guru Mata Pelajaran




 Joko Purnomo, MM.Pd                                                                                                                       Irma Pujiati, S.Pd.,M.Pd                              
        NIP. 195611081977031003                                                                                                             NIP. 19721203 199802 2 003