Silabus
Nama Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VII (Tujuh) / Gasal
Standar Kompetensi : Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan | Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah | Melakukan diskusi tentang jenis-jenis bilangan bulat (pengulangan) Menyebutkan bilangan bulat Mengidentifikasikan besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan bulat | · Memberikan contoh bilangan bulat · Menyatakan besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan negatif | Tes tulis | Tes uraian | Tulislah 5 bilangan bulat yang lebih dari -3 dan kurang dari 10 | 1x40 menit | Buku teks Garis bilangan Termometer Tangga rumah |
| | Membuat garis bilangan dan menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan | · Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan | Tes tulis | Tes uraian | ![]() Letakkanlah bilangan -1, 0, dan 3 pada garis bilangan tersebut | 1x40 menit | Buku Teks Model garis Bilangan |
| | Mendiskusikan cara melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi pada bilangan bulat termasuk operasi campuran Mendiskusikan cara menentukan sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan bulat negatif dengan negatif dan positif dengan negatif | · Melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi bilangan bulat termasuk operasi campuran. | Tes tulis | Tes isian Tes uraian | A. Hitunglah 1. 62-125 = ... 2. (9+12)x6=... 3. (-36):4=... 5. 8x(-12)=... B. Sebuah kotak memuat 25 buah jeruk. Kalau ada 140 buah jeruk, berapa banyak kotak yang harus disediakan? | 2x40 menit | Buku Teks Model garis Bilangan |
| | Mendiskusikan untuk menentukan kuadrat dan pangkat tiga, serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga | · Menghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat. | Tes tulis | Tes uraian | Berapakah a. ![]() b. 43 | 2x40 menit | Buku Teks |
| | Mendiskusikan jenis-jenis bilangan pecahan Menyebutkan bilangan pecahan Membuat garis bilangan dan menentukan letak bilangan pecahan pada garis bilangan | · Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan :biasa, campuran desimal, persen dan permil. | Tes tulis | Tes isian | 1. Dua buah roti bolu dibagikan kepada 4 anak secara merata. Masing-masing anak memperoleh ...... bagian 2. Setengah bagian hasil panen diberikan kepada Surya. Bagian surya kalau dinyatakan dalam persen adalah ...% | 2x40 menit | Kue bulat Model lingkaran |
| | Mendiskusikan bilangan pecahan senilai Mendiskusikan cara mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain | · Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain. | Tes tulis | Tes isian | 1. Ubahlah dalam bentuk desimal 1 ![]() 2. Ubahlah dalam bentuk persen ![]() | 2x40 menit | Buku Teks |
| | Melakukan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan Menuliskan bentuk baku (misal amuba yang panjangnya 0,000001 mikron) Mendiskusikan cara membulatkan bilangan pecahan sampai satu atau dua desimal | · Menyelesaikan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan. | Tes tulis | Tes uraian | Hitunglah: 1. 1 ½ x 2/3 = ... 2. ¾ : ½ = ... 3. 2,5 + 3,75 = .. 4. 21,2 - 9,85 = .. | 2x40 menit | Buku Teks |
1.2 Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemeca han masalah. | Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah | Melakukan diskusi tentang sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi pada bilangan bulat(pengulangan) | · Menemukan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pada bilangan bulat. | Tes tulis | Tes isian | Isilah titik-titik berikut ini 1. a. 9 + 6 = .... b. 6 + 9 = .... Jadi 9 + 6 = .....+ ..... 2. a. 3 x (5 x 4) = .... b. (3 x 5) x 4 = ... Jadi 3 x (5 x 4) = (...x...) x ... Apa yang dapat kamu simpulkan ? | 1x40 menit | Buku teks, Lingkungan |
| | Menyelasaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan bulat dengan menggunakan sifat-sifat penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian | · Menggunakan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, akar dan pangkat pada opearsi campuan bilangan bulat | Tes tulis | Tes uraian | Hasil dari : ![]() | 2x40 menit | Buku Teks |
| | Melakukan diskusi cara menggunakan hitung tambah, kurang kali atau bagi dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan bilangan Bulat | · Mengunakan sifat-sifat operasi bilangan Bulat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehar-hari | Tes tulis | Tes uraian | Pada hari Sabtu Candra memberi kelereng pada Aan sebanyak 25 butir dan kepada Yudha 17 butir. Hari Minggu Candra memberi kelereng kepada Novan sebanyak 13 butir. Berapakah banyak semua kelereng yang diberikan Candra kepada Aan, Yudha, dan Novan? | 2x40 menit | Buku Teks |
| | Melakukan diskusi cara menggunakan operasi hitung tambah, kurang, kali atau bagi dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pecahan | · Menggunakan sifat-sifat operasi hitung tambah, kurang, kali, atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya dalam kejadian sehari-hari. | Tes tulis | Tes uraian | Dalam sebuah karung beras ada 25 kg beras yang akan dibagikan kepada 10 orang. Berapa kg beras bagian dari masing-masing orang tersebut? | 3x40 menit | Buku Teks |
Standar Kompetensi : ALJABAR
2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur unsurnya | Bentuk aljabar | Mendiskusikan pengertian bentuk aljabar Mendiskusikan tentang variabel, konstanta, koefisien,faktor, suku dan suku sejenis | · Menjelaskan pengertian, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis. | Tes lisan | Daftar pertanyaan | Dari bentuk aljabar 2x + 3, manakah yang merupakan variabel dan manakah yang merupakan konstantan? | 6x40 menit | Buku Teks, lingkungan |
2. 2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar | Bentuk aljabar | Melakukan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar | · Melakukan operasi hitung, tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar. | Tes tulis | Tes uraian | Hitunglah: 1. 2x+3+ 5x-6 2. (4x -1)(-2x+5) 3. (3x – 4)2 | 4x40 menit | Buku teks, lingkungan |
| | Menggunakan sifat operasi hitung untuk menyelesaikan soal yang dinyatakan dalam bentuk aljabar. Melakukan operasi hitung pada pecahan biasa untuk menyelesaikan pecahan aljabar dengan penyebut satu suku | · Menerapkan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal | Tes tulis | Tes uraian | . Perusahaan “Langsung Sadar” memberi bantuan korban gempa sebanyak 20 dus mie, 40 liter minyak goreng. Satu dos mie berisi 144 bungkus dengan harga Rp 900,00 per bungkus, dan harga minyak goreng Rp 4.500,00 per liter. Berapa rupiah jumlah bantuan di atas? | 2x40 menit | Buku Teks |
2.3.Menyelesaikan pesamaan linear satu variabel. | Persamaan linear satu variabel | Mendiskusikan PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel | · Mengenali PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel | Tes lisan | Daftar pertanyaan | Manakah yang merupakah PLSV?
| 1x40 menit | Buku teks |
| | Mendiskusikan cara menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama | · Menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah,dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama | Tes tulis | Tes pilihan ganda | Manakah yang setara dengan -5x + 2 = 4? a. 5x – 2 = -4 b. 10x + 4 = 8 c. -10x – 4 = 8 d. 10x – 4 = -8 | 2x40 menit | Buku Teks |
| | Menyelesaikan PLSV untuk mencari penyelesaiannya | · Menentukan penyelesaian PLSV | Tes tulis | Tes isian | Penyelesaian dari 5y – 12 = 8 adalah .... | 3x40 menit | Buku Teks |
2.3 Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel. | Pertidaksama an linear satu variabel | Mendiskusikan pertidaksamaan linear satu variabel dalam berbagai bentuk dan variabel | · Mengenali PtLSV dalam berbagai bentuk dan variabel | Tes lisan | Daftar Pertanyaan | Manakah yang merupakan PtLSV? a 3a + 5 > 2 b.-4h + 4 ≤ 5
e. –p = -5 | 1x40 menit | Buku teks, Lingkungan |
| | Mendiskusikan cara menentukan bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua ruas ditambah , dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama | · Menentukan bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama. | Tes tulis | Tes pilihan ganda | Bentuk yang setara dengan 6x – 8 ≥ 10 adalah
| 2x40 menit | Buku Teks |
| | Menyelesaikan PtLSV untuk mencari akar persamaan | · Menentukan penyelesaian PtLSV | Tes tulis | Tes isian | Penyelesaian dari 3 m – 2 ≤ 10 adalah ...... | 3x40 menit | Buku Teks |
Standar Kompetensi : ALJABAR
3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1 Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel | Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel | Mendiskusikan model matematika Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel | · Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel | Tes tulis | Tes uraian | Nyatakanlah ke dalam model matematika. Dian membeli 3 kg gula pasir. Dia membayar dengan selembar uang dua puluh ribuan dan menerima uang kembalian sebesar Rp3.500,00 | 3x40 menit | Buku teks, lingkungan |
| | Membuat model matematika suatu masalah sehari-hari dalam bentuk pertidaksamaan linear satu variabel | · Mengubah masalah kedalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel | Tes tulis | Tes uraian | Nyatakanlah ke dalam model matematika. Umur Ita 5 tahun mendatang lebih dari 20 tahun. | 3x40 menit | Buku Teks |
3.2 Menyelesai kan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel | Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel | Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel | · Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel | Tes tulis | Tes pilihan ganda | Surya membeli 2 buku. Uang Surya sepuluh ribuan, dan dia mendapat uang kembali sebesar Rp4.000,00. Harga 1 buku adalah
| 3x40 menit | Buku teks, lingkungan |
| | Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel | · Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel | Tes tulis | Tes pilihan ganda | Umur Candra 3 tahun yang lalu kurang dari 25 tahun. Umur Candra sekarang:
| 3x40 menit | Buku Teks |
3.3 Mengunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana | Perbandingan dan aritmetika sosial | Melakukan simulasi kegiatan ekonomi sehari-hari(jual beli) Mendiskusikan penertian dan menghitung nilai keseluruhan,nilai per-unit,dan nilai sebagian | · Menghitung nilai keseluruhan, nilai per-unit, dan nilai sebagian. | Tes tulis | Tes uraian | Harga 1 losin pensil adalah Rp18.000,00.
| 3x40 menit | Buku teks, uang, barang-barang yang biasa diperjualbelikan |
| | Mendiskusikan dan menghitung besar laba, persentase laba,rugi, harga jual, harga beli,rabat, dan bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi | · Menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi. | Tes tulis | Tes pilihan ganda | Seorang pedagang, Pak Rifki menjual sebuah televisi seharga Rp1.650.000,00. Dari penjualan itu pak Rifki mengambil untung sebesar 10%. Harga beli televisi itu adalah:
| 5x40 menit | Buku Teks, Perbankan |
3.4 Mengguna kan perbandingan untuk pemecahan masalah | Perbandingan | Mendiskusikan pengertian skala sebagai suatu perbandingan Menyebutkan contoh-contoh gambar berskala | · Menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan. | Tes tulis | Tes uraian | Pada suatu peta tertulis: skala 1 : 100.000. Apakah arti skala 1 : 100.000 tersebut? | 1x40 menit | Buku teks, peta, foto |
| | Mengidentifikasi faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala Melakukan penghitungan faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala | · Menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala. | Tes tulis | Tes uraian | Suatu jalan yang panjangnya 5 km digambar sepanjang 5 cm. Berapakah faktor pengecilannya? | 2x40 menit | Buku Teks, Peta, Foto |
| | Mendiskusikan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai) Menyebutkan contoh-contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai) | · Memberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai) | Tes tulis | Tes pilihan ganda | Kalau sebuah pensil harganya Rp2.000,00, maka 5 buah pensil harganya Rp10.000,00. Pernyataan tersebut merupakan:
| 1x40 menit | Buku teks, Peta, ligkungan |
| | Menggunakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai) untuk menyelesaikan soal/ masalah sehari-hari | · Menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai) | Tes tulis | Tes isian | Pembangunan sebuah gedung memakan waktu 6 bulan jika dikerjakan oleh 100 orang. Kalau dikerjakan oleh 50 orang, maka waktu yang diperlukan untuk membangun gedung tersebut adalah .... | 2x40 menit | Buku Teks |
Purwokerto, 12 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 4 Purwokerto Guru Mata Pelajaran
Joko Purnomo, MM.Pd Irma Pujiati, S.Pd.,M.Pd
NIP. 195611081977031003 NIP. 19721203 199802 2 003
S I L A B U S
Nama Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VII (Tujuh) / Genap
Standar Kompetensi : 4. Menggunakan konsep himpunan dan diagram venn dalam pemecahan masalah.
ALJABAR
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
Teknik | Bentuk | Contoh Instrumen | ||||||
4.1 Memahami pengertian notasi himpunan, serta penyajiannya. | Himpunan | Mendiskusikan masalah sehari-hari yang merupakan himpunan. | Menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya. | Tes Tulis | Tes uraian | Di dalam kelasmu ini sebutkan kumpulan obyek yang merupakan himpunan. | 1 x 40 mnt | Buku teks, lingkung-an. |
| | Menyebutkan anggota dan bukan anggota suatu himpunan. | Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan. Menggunakan lambang anggota atau bukan anggota untuk menentukan keanggotaan himpunan | Tes lisan Tes Tulis | Daftar pertanya-an Isian | Di kelasmu, ada himpunan siswa yang pergi sekolah menggunakan sepeda. Sebutkan anggota-anggotanya dan sebutkan pula yang bukan anggota-anggotanya. Diketahui J={1,3,5,7,…,21} Isilah titik-titik dengan lambang anggota atau bukan anggota himpunan a. 3…..J c. 15……J b. 4…..J d. 27……J | 2 x 40 mnt | |
| | Menyatakan notasi himpunan. | Menyatakan notasi himpunan | Tes tulis | Tes uraian | Nyatakan dengan notasi himpunan : himpunan bilangan prima antara 10 dan 20. | 2 x 40 mnt | |
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
Teknik | Bentuk | Contoh Instrumen | ||||||
| | Membedakan himpunan kosong, nol dan notasinya. | Mengenal himpunan kosong dan notasinya. | Tes lisan | Pilihan ganda | Manakah yang merupakan himpunan kosong ? a.0 b. {0} c. Ø d. {Ø}. | 1 x 40 mnt | |
4.2 memahami konsep himpunan bagian. | Himpunan | Mendiskusikan pengertian himpunan bagian. Mengidentifikasikan himpunan bagian suatu himpunan. | Menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan. | Tes tulis | Tes pilihan ganda | Manakah yang bukan merupakan himpunan bagian dari {2,3,5,7,11,13,17} }. a. { 2,3,7} b. { 3,5,7,9} c. { 11,17} d. {2,3,5,7,11,13,17} | 1 x 40 mnt | Buku teks, lingkungan |
| | Menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan. Menentukan rumus banyak anggota himpunan bagian. | Menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan. | Tes tulis | Tes uraian | Tulis semua anggota himpunan bagian dari { huruf vokal pembentuk kata ‘kaliurang’}. | | |
| | Mendiskusikan pengertian himpunan semesta. Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan semesta. | Mengenal pengertian himpunan semesta, serta dapat menyebutkan anggotanya. | Tes tulis | Tes uraian | Kalau obyek yang dibicarakan adalah bilangan cacah, maka himpunan semestanya adalah…. | 1 x 40 mnt | |
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||||
Teknik | Bentuk | Contoh Instrumen | ||||||||
4.3 Melakukan operasi irisan, gabungan, kurang/difference, dan komplemen pada himpunan. | Himpunan | Mendiskusikan pengertian irisan dan gabungan, dua himpunan. Menuliskan irisan, gabungan, kurang, dari dua himpunan. Menuliskan notasi gabungan dua himpunan. Menyatakan notasis irisan dua himpunan. | Menjelaskan pengertian irisan dan gabungan dua himpunan. Menentukan irisan dan gabungan dari 2 himpunan | Tes tulis | Tes isian | Jika A = himpunan bilangan prima kurang dari 10 dan B = himpunan bilangan bulat antara 5 dan 15, maka :
| 4 x 40 mnt | Buku teks, lingkungan | ||
| | Mendiskusikan pengertian “kurang dari” suatu himpunan. Menuliskan kurang suatu himpunan lainnya. Menuliskan notasi kurang suatu himpunan dari himpunan lainnya. | Menjelaskan pengertian “kurang” suatu himpunan dari himpunan lainnya. | Tes tulis | Te uraian | A = himpunan bil. Bulat antara – 5 dan 5, B = himpunan bil. Ganjil kurang dari 15, maka = a. A – B = ….. b. B – A = …. | 2 x 40 mnt | | ||
| | Mendiskusikan komplemen suatu himpunan Menuliskan komplemen suatu himpunan Menuliskan notasi komplemen himpunan | Menjelaskan komplemen dari suatu himpunan | Tes Tulis | Tes Uraian | Tulislah komplemen dari H= {2, 4, 6, 8, 10} jika himpunan semestanya adalah S = himpunan bilangan bulat lebih dari atau sama dengan 0 dan kurang dari atau sama dengan 10. Tentukan komplemen dari H | 2 x 40 mnt | | ||
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | |||
Teknik | Bentuk | Contoh Instrumen | |||||||
4.4 Menyajikan himpunan dengan diagram venn. | Himpunan | Mendiskusikan cara-cara menyajikan himpunan termasuk menggunakan diagram. Menggambarkan diagram venn untuk berbagai himpunan. Menggunakan diagram venn untuk menyajikan irisan atau gabungan dua himpunan. | mengenal diagram venn dan penyajiannya | Tes tulis | Tes uraian | Gambarlah pada suatu diagram venn himpunan-himpunan berikut ini. P = { k, l, m, n, o, p, q, r, s, t} Q = {h, I, j, k, l, m} a. Manakah yang merupakan P∩Q? b. Manakah yang merupakan P ![]() | 2 x 40 mnt | Buku teks, lingkungan | |
| | Menggunakan diagram venn untuk menyajikan kurang/difference suatu himpunan dari himpunan. | Menyajikan kurang/difference suatu himpunan dari himpunan lainnya dengan diagram venn. | Tes tulis | Tes uraian | Gambarlah pada suatu diagram venn himpunan-himpunan berikut ini. P = { k, l, m, n, o, p, q, r, s, t} Q = {h, I, j, k, l, m} a. Manakah yang merupakan P - Q? | 2 x 40 mnt | | |
| | Menggunakan diagram venn untuk menyajikan komplemen suatu himpunan. | Menyajikan komplemen suatu himpunan dengan diagram venn. | Tes tulis | Tes uraian | Gambarlah pada suatu diagram venn jika himpunan semesta S = himpunan semua bilangan bula, dan A = himpunan bilangan bulat antara 0 dan 10. manakah yang merupakan komplemen A atau Ac ?. | 2 x 40 mnt | | |
4.5 Mengguna-kan konsep himpunan dalam pemecahan masalah. | Himpunan | Menggunakan diagram venn untuk menyelesaikan masalah sehari-hari. | Menyelesaikan masalah dengan menggunakan diagram venn dan konsep himpunan. | Tes tulis | Tes uraian | Di dalam suatu kelas ada 30 anak, 20 anak diantaranya senang matematika, 15 anak senang bahasa, sedang 10 anak tidak senang matematika juga tidak senang bahasa. Berapakah anak yang senang matematika dan senang bahasa? | 8 x 40 mnt | Buku teks, lingkungan. | |
STANDAR KONPETENSI : GEOMETRI
5. Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya.
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | |||||
Teknik | Bentuk | Contoh Instrumen | |||||||||
5.1 Menentu-kan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut. | Garis dan Sudut | Mendiskusikan kedudukan dua garis pada masalah kontekstual. | Menjelaskan kedudukan dua garis (sejajar, berimpit, berpotongan, bersilangan) melalui benda kongkrit. | Tes lisan | Daftar pertanyaan | Dari masalah kontekstual ini manakah yang merupakan contoh garis sejajar ? a. Tapak 2 ban delman di pasir. b. Jalan layang. c. Dua jalan yang bertemu dipersimpangan. d. Rel kereta api | 2 x 40 mnt | Buku teks, lingkungan. | |||
| | Mendiskusikan satuan sudut yang sering digunakan. | Mengenal satuan sudut yang sering digunakan. | Tes lisan. | Daftar pertanyaan | Untuk mengukur besar sudut, apakah satuan yang digunakan?. | 1 x 40 mnt. | | |||
| | Melakukan pengukuran dengan menggunakan busur derajat. | Mengukur besar sudut dengan busur derajat. | Tes tulis | Unjuk kerja | Ukurlah dengan busur derajat sudut-sudut berikut : a. b.
| 1 x 40 mnt | | |||
| | Mendiskusikan jenis-jenis sudut Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kedudukan garis dan besar sudut. | Menjelaskan perbedaan jenis sudut ( siku, lancip, tumpul ). | Tes lisan | Daftar pertanyaan | Jenis sudut apakah gambar sudut berikut ini ? ![]() | 2 x 40 mnt | |
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | |||||
Teknik | Bentuk | Contoh Instrumen | |||||||||
5.2 Memahami sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain. | Garis dan sudut | Mengidentifikasikan keududukan sudut-sudut yang terjadi jika dua garis dipotong garis lain. Mendiskusikan kedudukan dua garis sejajar yang dipotong garis lain untuk menemukan sifat-sifat sudut yang terjadi. | Menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis ketiga/garis lain. | Tes tulis | Tes uraian |
![]() | 3 x 40 mnt | Buku teks, model dan kawat. | |||
| | Menyelesaikan soal dengan menggunakan sifat-sifat sudut yang terjadi jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain. | Menggunakan sifat-sifat sudut dan garis untuk menyelesai-kan soal. | Tes tulis | Tes uraian | Berapakah besar sudut CAB? | 3 x 40 mnt | | |||
5.3 Melukis sudut | Garis dan sudut | Melukiskan sudut dengan menggunakan penggaris dan busur derajat. Memindahkan sudut dengan menggunakan penggaris dan jangka. | Melukis sudut yang besarnya sama dengan sudut yang diketahui dengan menggunakan busur dan jangka. | Tes tulis | Unjuk kerja | ![]() | 2 x 40 mnt | Buku teks, penggaris, jangka. | |||
| | Menggunakan jangka dan penggaris untuk melukis sudut 600 dan 900. Melukis sudut siku-siku dengan menggunakan sepasang penggaris berbentuk segitiga siku-siku. | Melukis sudut 600 dan 900. | Tes tulis | Unjuk kerja | Dengan menggunakan penggaris dan jangka lukislah sudut yang besarnya 600. | | |
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
Teknik | Bentuk | Contoh Instrumen | ||||||
5.4 Membagi sudut. | Garis dan sudut | Menggunakan penggaris dan jangka untuk membagi sudut menadi dua sama besar. | Membagi sudut menadi dua sama besar. | Tes tulis | Unjuk Kerja | ![]() | 2 x 40 mnt | Buku teks, penggaris, jangka. |
| | Menggunakan penggaris dan jangka untuk melukis sudut 300, 450, 1200 dan 1500. | Melukis sudut 300, 450, 1200 dan 1500. | Tes tulis | Unjuk kerja | Dengan penggaris dan jangka lukislah sudut yang besarnya 1500. | | |
STANDAR KOMPETENSI : GEOMETRI
6. Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya.
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
Teknik | Bentuk | Contoh Instrumen | ||||||
6.1 Mengiden-tifikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya. | Segiempat dan segitiga | Mendiskusikan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya dengan menggunakan model segitiga. | Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya. | Tes tulis | Tes isian | Dari segitiga ABC diketahui sisi AB = BC, segitiga ABC merupakan segitiga…. | 2 x 40 mnt | Buku teks, model-model segitiga. |
| | Mendiskusikan jenis -jenis segitiga berdasarkan sudut-sudutnya dengan menggunakan model segitiga | Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya. | Tes tulis | Tes isian | Pada segitiga PQR diketahui sudut P = 600, dan sudut Q = 800. segitiga PQR merupakan segitiga….. | 2 x 40 mnt. | |
6.2 Mengiden-tifikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapezium, jajargenjang, belah ketupat, dan layinglayang | Segiempat dan segitiga | Menggunakan lingkungan untuk mendiskusikan pengertian jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapezium dan layang-layang menurut sifat-sifatnya. | Menjelaskan pengertian jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapezium dan layang-layang menurut sifat-sifatnya. | Tes lisan | Daftar pertanyaan | Lihatlah di seluruh ruang kelasmu ! benda-benda manakah yang berbentuk persegi panjang ?. | 4 x 40 mnt. | Buku teks, model bangunm datar dari kawat dan dari karton, benda di sekitar siswa. |
| | Mendiskusikan sifat-sifat segi empat ditinjau dari diagonal sisi, sisi, dansudutnya. | Menjelaskan sifat-sifat segi empat ditinjau dari sisis, sudut, dan diagonalnya. | Tes lisan | Daftar pertanyaan | Apakah panjang semua sisi jajargenjang sama panjang ? Apakah kedua diagonal persegi saling tegak lurus? | 10 x 40 mnt | |
6.3 Menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah. | Segiempat dan segitiga | Menemukan rumus keliling bangun segitiga dan segi empat dengan cara mengukur panjang sisinya. | Menurunkan rumus keliling bangun segitiga dan segi empat. | Tes tulis | Tes isian | P ![]() 14 12 Q 13 R Keliling segitiga PQR sama dengan …. | 2 x 40 mnt | Buku teks, model bangun datar dari kawat atau dari karton. |
| | Menemukan luas persegi dan persegi panjang menggunakan petak satuan. Menemukan luas segitiga dengan menggunakan luas persegi panjang. Menemukan luas jajargenjang, trapezium, laying-layang dan belah ketupat dengan menggunakan luas segitiga dan laus persegi atau persegi panjang. | Menurunkan rumus luas bangun segitiga dan segi empat. | Tes tulis | Tes uraian | ![]() 24 cm D 30 cm C Luas persegipanjang ABCD adalah ….. | 8 x 40 mnt | |
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI WAKTU | SUMBER BELAJAR | ||
Teknik | Bentuk | Contoh Instrumen | ||||||
| | Menggunakan rumus keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat untuk menyelesaikan masalah. | Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segiempat. | Tes tulis | Tes uraian | Pak Surya mempunyai kebun berbentuk persegipanjang dengan panjang 1 km dan lebar 0,75 km. Kebun tersebut akan ditanami pohon kelapa yang berjarak 10 m satu dengan yang lain. berapa banyak bibit pohom kelapa yang diperlukan pak Surya? | 4 x 40 mnt | |
64 Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu. | Segitiga | Menggunakan penggaris, jangka dan busur untuk melukis segitiga jika diketahui : - ketiga sisinya - dua sisi dan satu sudut apitnya. - Satu sisi dan dua sudut. | Melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dua sudut. | Tes tulis | Unjuk Kerja | Lukislah sebuah segitiga jika diketahui panjang sisi-sisinya 2 cm, 3 cm, dan 1,5 cm. | 1 x 40 mnt | Buku teks, penggaris, jangka. |
| | Melukis segitiga samasisi dan segitiga sama kaki dengan menggunakan penggaris, jangka dan busur derajat. | Melukis segitiga samasisi dan segitiga samakaki. | Tes tulis | Unjuk Kerja | Lukislah sebuah segitiga siku-siku ABC dengan AC = BC = 3 cm. | 1 x 40 mnt | |
| | Menggunakan penggaris dan jangka untuk melukis garis sumbu, garis bagi, garis berat, dan garis tinggi pada suatu segitiga. | Melukis garis tinggi, garis berat, garis bagi, dan garis sumbu. | Tes tulis | Unjuk Kerja | ![]() Lukislah ketiga garis dari masing-masing segitiga tersebut. Apakah yang kalian dapatkan ? | 2 x 40 mnt. | |
Purwokerto, 12 Juli 2010
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 4 Purwokerto Guru Mata Pelajaran
Joko Purnomo, MM.Pd Irma Pujiati, S.Pd.,M.Pd
NIP. 195611081977031003 NIP. 19721203 199802 2 003